langsung saja ke intinya ya. Tools yang dibutuhkan adalah:
1. Photoshop /versi berapapun.
2. Game Grafik Studio. download di Mbah Google :v
Setelah tools tadi sudah disiapkan, persiapkan foto face yang mau dimasukkan/edit. Usahakan foto muka yang tegak, terang, dan resolusi tinggi. Kemudian siapkan face yang sudah diedit, dimana face ini tersedia di file 0_text.afs yang terletak di file pes 6 di folder dat.
OKe Cara-Cara nya ialah.
1. Buka file tersebut dengan Game Grafic Studio dan dan cari sampel muka yang sesuai dengan type muka dari foto yang akan anda edit. misalkan disini saya mengedit foto dari salah seorang pemain dari timnas Colombia yang saat Kompetisi World Cup 2014 di Brazil menampilkan performa yang apik dan menjadi incaran para klub besar yaitu James Rodriguez.
2. Save foto sampel tersebut dan buka kedua foto tersebut di Photoshop (Foto Sampel dan foto yang akan diedit). Ubah ukuran foto sampel menjadi 128x128 di menu image>image size, kemudian enter.
3. Ubah mode dari foto sampel yang semula index menjadi RGB di menu Image->Mode.
4. Lakukan sleksi pada bagian muka pada gambar yang diedit kmudian copy ke foto sampel.
5. Sesuaikan posisi muka, bibir, mata, dan hidung dengan foto sampel. Lakukan transparansi pada foto yang sudah dipindahkan ke foto sampel dengan menggunakan Opacity seabanyak 9 %.
6. Buat layar baru dengan mengklik tombol creat new layer . Dan posisikan layer baru di atas layer 1.
7. Lakukan brush pada mata hidung dan bibir pada layer tersebut dengan menggunakan tools
8. Kembalikan opacity pada layer 1 seperti semula.
9. Sesuaikan posisi foto sesuai dengan jalur yang sudah kita brush tadi dengan menggunakan fungsi transform (ctrl+t).
10. Non Aktifkan jalur yang sudah kita buat dengan Brush dengan mengklik indicate layer visibility disamping layar. Kemudain hapus bagian pinggir dari foto tersebut dengan tools eraser tool.
12. Copy textur warna muka dengan menggunakan clone stemp tools . Caranya tekan alt pada bagian mana yang mau dicopy texturnya dan lepas dan pindah pointer mouse ke batas-batas muka. untuk memoercepat proses, lakukan setengah saja lalu copy bagian muka yang telah di copy texturx dengan melakukan sleksi pada bagian muka tersebut kemudian copy dan paste sebanyak dua kali.
13. Sehingga layer sekarang menjadi 5 layer. Transform flip Horizontal pada layer yang paling trakhir di copy.
14. Sesuaikan Posisi object dan enter.
15. Marge layer 4 dengan layer 3 dan Hapus layer 1. Aktifkan layer 2 (jalur yang kita buat dengan brush tools) dan sesuaikan ulang dengan jalur tersebut.
16. Untuk pembuatan face sudah hampir selesai, kita sekarang berusaha untuk bagaimana cara untuk menyesuaikan pencahayaan gambar yang sudah kita buat. Hasilnya seperti ini.
17. Ubah ukuran image menjadi ukuran seperti semula.
18. Simpan dalam format png.
Jika ada jendela, tekan Ok saja.......
19. Selanjutnya kita masukkan gambar face yang sudah diedit ke file bin. Syaratnya ialah file bin tersebut harus dari file bin dari foto sampel yang sudah kita ambil tadi. caranya sama dengan yang pertama tadi yaitu dengan membuka 0_text.afs dengan GGS dan cari filenya kemudian klik kanan dan klik export select file kemudian save.
20. Buka file yang disimpan tadi dan buka file face yang sudah kita edit tadi. Klik kanan pada gambar face dan pilih change color depth=>decrease to 8 bit (256 colors).
21. Drag foto tersebut ke foto bagian 1 dan 2 yang merupakan isi dari file bin tadi.